Sejarah

Pendirian PSDIH mengalami sejarah yang cukup panjang, yaitu dimulai sejak Tahun 2008 sudah dibuka Prodi Doktor Ilmu Hukum di Universitas Lampung bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro dengan Program Kegiatan Pengumpul Kredit (KPK) Undip. Pada Tahun 2012, program tersebut dihentikan karena Unila dianggap telah mampu menyelenggarakan sendiri program doktor ilmu hukum. Sejak Tahun 2015, Fakultas Hukum Unila Bersama Program Pascasarjana Unila mengajukan usul pendirian Prodi S3 Doktor Ilmu Hukum. Baru pada Tahun 2017 dengan diterbitkannya Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor: 430/KPT/I/2017, Tanggal 3 Agustus 2017, resmi dibuka PSDIH. Mengingat sistem penerimaan mahasiswa Pascasarjana Unila sudah selesai, maka penerimaan mahasiswa baru dilakukan pada Tahun Ajaran 2018/2019.


Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Lampung Nomor: 856/UN26/KP/2018, tanggal 21 Maret 2018, diangkat Prof. Dr. Muhammad Akib, S.H., M.Hum sebagai ketua PSDIH dan Dr. Hieronymus Soerjatisnanta, S.H., M.H. sebagai sekretaris. Pada saat ini, PSDIH sudah menyelenggarakan 2 kali tahun ajaran dengan jumlah mahasiswa 29 orang, dan sedang dalam proses penerimaan angkatan tahun ketiga, yaitu Tahun Ajaran 2020/2021. Kerja sama sudah dilakukan dengan berbagai pihak, seperti Kejaksaan Agung RI, Kanwil Hukum dan HAM Provinsi Lampung, Pemerintah Daerah, PERADI, KAI, dan sebagainya.


Pendirian dan pengelolaan PSDIH tidak dapat dilepaskan dari organ dan fungsi yang diemban sesuai dengan pengaturan dalam statuta Universitas Lampung. Organ dimaksud antara lain adalah senat, pemimpin Unila, Satuan Pengendali Internal, Dewan pertimbangan, Dosen dan Tenaga Kependidikan. Sesuai dengan fungsinya, organ-organ yang dimaksud pada dasarnya siap untuk mendukung keberadaan PSDIH sebagai program studi baru. Kesiapan dimaksud dapat dicermati dari Visi dan Misi Unila yang kemudian diturunkan menjadi Visi dan Misi Fakultas Hukum dan PSDIH serta tertuang dalam Rencana strategis yang dibangun.

Program Studi Doktor Ilmu Hukum

Fakultas Hukum
Universitas Lampung

Gd. A, Fakultas Hukum Universitas Lampung
Jln. Prof. Soemantri Brojonegoro No.1 Gedong Meneng Bandar Lampung, Indonesia 35145|

Telp : 0721-701609
FAX : 0721-709911
Email: psdih@fh.unila.ac.id